Jumat, 17 November 2023

Studi Tiru dalam rangka Pengelolaan Kelembagaan dan Analisis Jabatan

 

    Pengelolaan kelembagaan dan analisis jabatan merupakan salah satu bagian penting dalam kegiatan penyelenggaran pemerintahan yang baik (good governance). Kelembagaan yang dikelola dengan baik mencerminkan kepedulian organisasi terhadap penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih mendekatkan kepada kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas dan fungsi suatu perangkat daerah. Dalam rangka pengelolaan kelembagaan sesuai tugas dan fungsinya tersebut Bagian Organisasi melakukan studi tiru pengelolaan kelembagaan dan analisis jabatan dengan Pemkab Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 16 s.d. 17 November 2023.


    Bagian Organisasi Pemkab Kutim mewakili Kabag Organisasi Herwin SE.,  Analis Kebijakan Ahli Muda Slamet Subagyo, SE.,MAP bersama rombongan subtansi Kelembagaan dan Analisis Jabatan diterima oleh bapak Heri Kuntadi, AP, MT selaku Kepala Bagian Organisasi Pemkab Sleman didampingi Analis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Kelompok Subtansi Kelembagaan dan Analisis Jabatan bapak Funtu Rahmatu S.STP  pada Bagian Organisasi Setda.  Dalam pertemuan penting ini pokok bahasan diantaranya terkait bagaimana pengelolaan kelembagaan dan analisis jabatan pada Pemkab Sleman, mulai dari perangkat daerah sampai dengan unit pelaksana teknis daerah. Dalam kesempatan tersebut diwarnai dengan sesi tanya jawab dan diskusi seputar penerapan pengelolaan kelembagaan dan analisis jabatan. Menariknya walaupun berbeda kondisi geografis dan historis namun banyak ilmu yang dapat diambil dari pembahasan tersebut. Diantaranya adalah pengelolaan pelayanan sumber daya air (waduk/embung/polder) agar dapat dimaksimalkan dalam pengelolaannya selain sebagai fungsi utama yakni pelayanan sumber daya airnya.

    Selanjutnya dalam perjalanan, Kepala Bidang Sumber Daya Air bapak M. Arif Asnawi, S.Si, MM menjelaskan bagaimana pengelolaan pelayanan sumber daya air tersebut agar lebih maksimal. Pada Pemkab Sleman pengelolaan sumber daya air dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah yakni Pelayanan Sumber Daya Air (UPTD PSDA) dibawah perangkat daerah yang membidangi yaitu Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman. Terdapat pembagian wilayah dalam pengelolaannya meliputi UPTD PSDA Wilayah Barat, UPTD PSDA Wilayah Tengah dan UPTD PSDA Wilayah Timur.  Dalam kesempatan ini, rombongan juga diajak melihat langsung lokasi waduk/polder sumber daya air tersebut dengan didampingi Kepala UPTD PSDA Wilayah Tengah bapak Agus Sunaryanta SP dan Kepala Subbag Tata Usaha Darini S.Sos bersama staf UPTD yang sebelumnya sempat mampir ke Kantor UPTD PSDA yang letaknya tidak jauh dari waduk.  Perbincangan selama di lokasi diantaranya adalah penjelasan  bagaimana proses standar pengelolaan sumber daya air dari hulu ke hilir dan poin-poin penting dalam mengelola sumber daya air tersebut. Yang tidak kalah pentingnya bagaimana keterlibatan masyarakat sekitar dalam peran sertanya dalam menjaga, merawat dan memanfaatkan keberadaan waduk/polder dimaksud yang merupakan aset daerah ini.

    Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan masukan yang sangat penting mengenai pengelolaan kelembagaan dan analisis jabatan khususnya bagi tim kerja pada pemkab Kutim agar dalam pelaksanaan tugas prinsipnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (org.2)










0 comments:

Posting Komentar