Selasa, 23 Januari 2024

Penuhi Target Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik (UPP) Kutim Ikuti FGD Penguatan PEKPPP Kab/Kota Se-Kaltim

Suasana acara FGD Penguatan Pemantauan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) tahun 2024

BALIKPAPAN - Dalam rangka persiapan Pemantauan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) oleh Kementerian PANRB tahun 2024 yang akan dimulai pertengahan tahun, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi KALTIM gelar Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Pemantauan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan  Publik (PEKPPP) tahun 2024, Selasa (23/1) di Grand Jatra Hotel, Balikpapan. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Organisasi Setda Prov. Kaltim Iwan Setiawan,S.Sos.,M.AP.


Tahun ini Kementerian PANRB rencananya  menetapkan beberapa Unit Pelayanan Publik untuk dijadikan Unit Lokus Evaluasi (ULE) di setiap Kab/Kota, diantaranya Dinas Sosial untuk kategori Pelayanan Barang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DISDUKCAPIL) dan/atau Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) untuk kategori Pelayanan Administratif, sedangkan kategori Pelayanan Jasa diberikan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) . Para peserta FGD yang terdiri perwakilan Bagian Organisasi dan Unit Pelayanan Publik kab/kota Se-Kaltim ini antusias mengikuti jalannya acara karena diarahkan secara daring dari Kementerian PANRB oleh Pandji Saputra dan Rakha dan bertindak sebagai Moderator dari Biro Organisasi Kepala Bagian Tata Laksana dan Pelayanan Publik Biro Organisasi Setdaprov Kaltim Setya Pratiwi.

Dalam paparannya Rakha mengatakan untuk mencapai Nilai A / Pelayanan Prima, setiap ULE yang ditunjuk harus memenuhi 6 (enam) Aspek Penilaian yang bertumpu pada Tata Kelola Pelayanan Publik di Indonesia yang berkualitas dan Berdampak yaitu :
  1. Kebijakan Pelayanan 24 %
  2. Profesionalisme SDM 25 %
  3. Sarana dan Prasarana 18 %
  4. Sistem Informasi 10 %
  5. Konsultasi Pengaduan 11 %
  6. Inovasi 12 %
Ditargetkan awal Oktober hasil PEKPPP tahun 2024 sudah bisa disampaikan ke Publik, akhir acara seluruh peserta berkomitmen untuk mendapatkan hasil lebih baik dari tahun kemarin. (yat).








0 comments:

Posting Komentar